Ternak Ayam Bangkok

Untuk ternak ayam saat ini terbilang tidak lah sulit, karena cara nya sudah banyak di pelajari oleh beberapa penggemar nya.

Kali ini kami akan membahas tentang ternak ayam bangkok jenis pedaging, yang saat ini sudah mulai di lakukan karena sangat menguntungkan.

Banyak di ketahui jika ayam bangkok terkenal dengan ayam aduan, ayam yang berasal dari negara Thailand ini telah di akui sebagai ayam aduan yang sangat berkualitas di berbagai jenis ayam petarung lain nya.

Terkadang suatu hobi bisa menguntungkan apabila pilihan tersebut sangat jelas dan tepat untuk di jadikan peluang usaha.

Dalam hal ini mungkin lebih tepat nya akan memberikan profit untuk beternak ayam pedaging dari jenis ayam bangkok.

Saat ini telah di lakukan budidaya atau ternak ayam pedaging jenis ayam bangkok untuk konsumsi pangan.

Memang tidak semudah ternak ayam pedaging biasa karena membutuhkan sedikit tambahan lebih untuk memelihara nya.

Ternak Ayam Bangkok

Dan ada beberapa hal yang perlu di persiapkan supaya hasil ternak ayam bangkok bisa maksimal dan terhindar dari resiko kerugian.

Nah di bawah ini 12 Hal yang wajib anda ketahui sebelum beternak Ayam Bangkok.

  1. Persiapkan Kandang

Langkah pertama dalam melakukan ternak ayam bangkok  adalah menyediakan kandang nya, dibuat sesuai kebutuhan ayam ternak secara tepat dengan fungsional untuk sehari – hari.

Tentukan terlebih dahulu dimana letak kandang ternak ayam akan di buat, biasanya kandang berada di pekarangan yang cukup luas di sekitar rumah yang strategis.

Buat lah kandang ternak dengan ukuran yang tepat, menyesuaikan jumlah ayam yang ingin di ternak. Tips dari kami mengenai kandang adalah usahakan kandang terletak cukup jauh dengan pemukiman penduduk, karena bau ayam bisa membuat orang di sekeliling nya tidak nyaman.

  1. Penyediaan Ventilasi pada Kandang

Sediakan juga ventilasi  untuk gerak nafas ayam, dengan ukuran ventilasi yang tidak terlalu luas dan tidak terlalu kecil.

  1. Melengkapi Pengaman pada Kandang

Selain itu siagakan juga pengamanan pada kandang ayam bangkok tersebut, dengan cara membuat lapisan pada bawah kandang.

Dengan menggunakan semen atau kawat agar predator tidak bisa menggali tanah dari bawah kandang untuk memangsa ayam ternak.

Predator ternak ayam biasanya adalah kucing, ular, anjing atau yang lain nya.

  1. Pemilihan Induk Ayam Bangkok Pedaging

Untuk ternak ayam bangkok perlu memperhatikan indukan nya, usahakan jangan sembarangan dalam memilih indukan untuk di ternak, karena berpengaruh pada kualitas dan hasil ternak ayam bangkok.

Pilih lah indukan ayam bangkok yang berkualitas untuk di ternak khusus nya indukan untuk di jadikan ternak pedaging, yang paling penting dalam memilih indukan ayam bangkok yaitu harus sehat.

Ciri indukan ayam bangkok yang sehat :

  • Gerak indukan ayam lincah dan cekatan
  • Pada jengger indukan tidak terlihat pucat
  • Mata bisa lebar dan berseri-seri, karena ada sebagian ayam yang menunjukkan mata lelah nya
  • Nafsu makan ayam tinggi
  • Badan indukan terlihat gemuk dan segar

Carilah indukan ayam bangkok dengan tanda – tanda di atas, agar bisa melakukan ternak dengan baik dan efektif serta mengurangi resiko karena indukan yang tidak sesuai untuk di ternak.

  1. Pemberian Air

Selalu sediakan air untuk ayam jika setiap saat ayam perlu minum, usahakan tempat atau wadah air minum berbentuk khusus supaya efektik dan tidak mengganggu atau membahayakan aktivitas ayam yang di ternak.

Terkadang ada ayam ternak yang aktif sehingga memerlukan konsumsi air minum yang lebih,   oleh sebab itu anda harus selalu menyediakan air di kandang ayam.

Apabila keadaan air minum  keruh, sebaiknya mengganti dengan air yang baru dan bersih, memang harus di lakukan dengan tlaten.

  1. Pemberian Pakan

Pemberian pakan menjadi hal pokok, usahakan pakan yang di berikan mengandung nutrisi yang bagus dan di butuhkan untuk ternak ayam bangkok, karena ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dan hasil ternak ayam bangkok.

Berikan pakan ternak yang bervariasi, agar nafsu makan pada hewan ternak tetap baik sehingga di dapatkan ayam bangkok pedaging yang berkualitas.

  1. Pemberian Vitamin dan Suplemen

Vitamin atau pun suplemen di perlukan sebagai pendamping makanan pokok ayam ternak, dengan pemberian itu kemungkinan ayam untuk jatuh sakit akan semakin kecil. Karena vitamin dan suplemen adalah asupan nutrisi yang bagus bagi perkembangan ternak.

Usahakan rutin dalam memperhatikan pemberian nutrisi tersebut, minimal berikanlah vitamin atau suplemen setiap seminggu tiga kali.

  1. Pemberian Probiotik

Probiotik ini mungkin bisa di katakan sebagai salah satu jenis suplemen, tetapi melihat jenisnya sangatlah berbeda.

Karena suplemen yang di maksud sebelum nya adalah nutrisi yang bisa anda dapatkan di toko peternakan hewan.

Sedangkan untuk probiotik yang di maksud ini adalah probiotik yang mengandung nutrisi dari hasil buatan sendiri.

Berupa campuran tetes gula, ragi, dan air yang di fermentasikan untuk menambah kebutuhan nutrisi pada ayam ternak.

  1. Vaksinasi Ayam Ternak

Vaksinasi merupakan metode pemberian sejenis obat untuk kesehatan pada hewan ternak, dan ini sangat di butuhkan saat memelihara ternak ayam bangkok atau pun ternak yang lain nya, misalnya ternak ayam petelur.

Ini di gunakan untuk memberikan kekebalan tubuh pada ayam bangkok mengingat tujuannya untuk beternak ayam pedaging, dan untuk mencegah terserang nya hewan ternak karena penyakit yang bisa timbul.

Cara pemberian vaksin pada ternak ayam bisa melalui beberapa cara, diantaranya adalah dengan cara melalui tetes mata, bisa juga dengan cara di semprot kan, atau dengan cara suntik daging, suntik dada, sayap dan beberapa lainnya.

  1. Tempat Bertelur Ayam

Sediakan juga tempat bertelur sang ayam, cara mudah nya bisa dengan memberi kotak dari kardus dalam kandang yang di beri jerami.

Secara otomatis ayam betina akan menempati nya sendiri saat merasa akan bertelur dan mau menetaskan telur. Tentu ini berbeda jika anda ternak ayam petelur yang juga menjadi peluang usaha sangat menjanjikan.

  1. Pemeriksaan Ayam

Ayam ternak harus di lakukan pemeriksaan, meskipun ayam sudah mampu bertelur. Cek secara berkala namun rutin, pastikan kondisi ayam bangkok terlihat sehat. Jika di temukan ada ayam yang sakit, pisahkan ayam tersebut dan lakukan perawatan intensif supaya ayam bisa sehat kembali.

  1. Panen Ayam Ternak Bangkok Pedaging

Tahap pemanenan adalah yang di tunggu – tunggu para peternak hewan, dengan cara memilih mana saja ayam bangkok yang berusia matang dan mempunyai bobot besar dan berdaging.

Jika ayam panen sudah terkumpul dan di siapkan anda bisa langsung menjual ke pasaran, usahakan pemeliharaan ternak ayam bangkok pedaging jangan terlalu lama karena biaya perawatan bisa membengkak.

Itulah beberapa hal yang perlu di perhatikan saat ternak ayam bangkok sebagai ayam pedaging agar hasil panen bisa maksimal dan meminimalisir resiko kerugian.

Demikian informasi dari Kandang kebun tentang ternak ayam bangkok, semoga bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.

Add Comment