7+ Jenis Pohon Melon Yang Banyak Ditanam Di Dunia

Pohon Melon –  adalah tanaman yang termasuk dalam jenis timun-timunan. Pohon buah melon ini masih memiliki hubungn atau berkerabat dengn dengan semangka, timun suri dan juga blewah. Seperti jenis timun-timunan yang lain, tanaman melon ini hidup dengan cara merambat namun tidak bisa memanjat tumpuannya. Ketika pohon melon ini tidak diberi topangan, maka akan tumbuh menjalar di atas permukaan tanah.

Pohon melin atau Cucumis melo memiliki buah yang segar dan manis yang sangat disukai banyak orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Buah melon ini bisa dikonsumsi secara langsung dan bisa juga dijadikan campuran makanan lainnya seperti salad, rujak, dan jus.

Tanaman melon adalah salah satu tanaman buah yang nilai jualnya termasuk tinggi, sehingga banyak sekali petani yang menaman buah ini.

Berhubungan dengan hal tersebut, agar kita bisa mulai menanam dan mendapatkan hasil yang maksimal dari pohon melon adalah mengetahui jenis.

Setelah kita mempelajari dan memahami itu semua, maka kita akan lebih mudah untuk memulai budidaya dan resiko gagal yang kita peroleh akan sangat kecil.

Hal-hal tersebut akan kita bahas disini. Yuk baca sampai habis!

Jenis-Jenis Melon

Cantaloupe

Tanamab Buah Melon Cantaloupe
Tanamab Buah Melon Cantaloupe

Melon cantaloupe dalah jenis buah melon yang menjadi favorit masyarakat Eropa karena rassanya yang manis. Buah melon ini biasa dikonsumsi untuk campuran buah di dalam salad dan juga sebagai makanan penutup.

Bagian kulit buah melon cantaloupe memiliki tekstur yang kasar dan warnanya kuning. Bentuknya sendiri adalah bulat dengan daging buah yang berwarna oranye.

Honeydew

tanaman buah melon Honeydew
tanaman buah melon Honeydew

Salah satu ciri dari buah melon honeydew adalah bentuknya yang oval. Berat dari buah melon ini kurang lebih 2 kg dan banyak dibudidayakan di daerah California, Arizona dan juga Texas.

Selain bentuknya yang oval, ciri lain dari buah melon honeydew adalah berkulit halus dan berwarna dari kehijauan hingga kuning. Untuk dagingnya sendiri berwarna hijau krem.

Pohon buah melon ini biasa dikenal dengan melon hijau yang rasanya manis dan juga berair. Buah melon ini sangatlah cocok untuk dikonsumsi sebagai buah potong atau makanan penutup.

Galia

pohon tanaman buah Galia
pohon tanaman buah Galia

Pohon melon jenis galia merupakan hasil dari persilangan antara melon cantaloupe dengan melon honeydew. Kulit dari melon galia ini berjaring dengan daging buah yang bertekstur lembut seperti madu dan warnanya seperti hijau limau.

Untuk menandai bahwa buah melon galia sudah matang adalah dengan cara mencium baunya, tidak dengan mengejek kelembutan bagian ujung batangnya seperti jenis melon yang lainnya.

Aroma dari melon galia ini sendiri adalah seperti pisang. Biasanya melon galia disajikan dengan kue tart atau dipotong-potong dan disajikan dengan taburan garam laut.

Casaba

tanaman buah melon Casaba
tanaman buah melon Casaba

Jenis melon casaba ini berasal dari Asia Kecil, namun saat ini juga ada di negara-negara Amerika Serikat, Amerika Latin dan di Eropa. Masa pertumbuhan pohon melon casaba ini lebih panjang, sehingga umurnya juga lebih panjang dari jenis-jenis melon yang lainnya. Oleh karena itu, melon casaba bisa kita temui sepanjang tahun.

Pohon melon casaba masih memiliki hubungan dengan jenis melon cantaloupe dan honeydew. Hanya saja melon ini memiliki rasa yang berbeda. Rasa dari melon casaba sendiri tidak terlulu manis daripada dua jenis melon tersebut.

Mengenai hal rasa, melon casaba lebih sering dibandingkan dengan rasa buah pir asia dan juga mentimun. Pada umumnya buah melon casaba sering dijadikan sebagai hidangan buah-buahan dan juga salad.

Bagian kulit buah melon casaba ini berwarna kuning dan berkerut. Untuk bagian dagingnya lembut, berair dan berwarna hijau pucat. Buah melon ini memiliki kandungan vitamin C dan B6 yang merupakan sumber kalium dan juga magnesium yang baik.

Crenshaw

tanaman buah Crenshaw
tanaman buah Crenshaw

Pohon buah melon jenis Crenshaw ini merupakan jenis hibrida anara cantaloupe dengan casaba. Jenis melon ini biasa dibudidayakan di Amerika Utara, Amerika Selatan, Timur Tengah dan juga Mediterania.

Tanaman melon Crenshaw memiliki ukurukan buah yang termasuk besar dan bisa tumbuh hingga 4,5 kg. Bentuk buahnya oval dan kulitnya berwarna hijau kekuningan.

Buah melon Crenshaw ini memiliki rusuk yang agak keras sehingga akan terasa seperti lilin ketika disentuh saat sudah matang.

Warna buah melon ini oranye mirip dengan buah persik dan memiliki karung biji yang besar di bagian tengah buah. Buah ini merupakan buah yang tidak tahan lama, sehingga bagus dikonsumsi dalam waktu satu minggu setelah buah matang.

Untuk rasanya sendiri sangat manis dan juga biasa dikonsumsi sebagai buah segar pada sajian penutup. Selain itu, biasanya juga dijadikan sebagai isian salad.

Melon Korea

Tanaman Buah Melon Korea
Tanaman Buah Melon Korea

Buah melon ini sering disebut dengan melon oriental dan mudah untuk dijumpai di daerah Asia Timur. Melon Korea ini memiliki kulit berwarna kuning muda dengan strip putih memanjang.

Daging melon korea ini rasanya manis, berair dan segar ketika dikonsumsi. Rasanya hampir mirip dengan timun dan juga melom Honeydew. Namun apabila dibandingkan dengan jenis buah melon barat lainnya, rasa manis melon ini lebih rendah dan kadar airnya bisa mencapai 90%.

Melon GAC

tanaman Melon GAC
tanaman Melon GAC

Tanamn melon GAC atau yang biasa dikenal dengan labu pahit berduri, buah GAC, dan qua GAC. Buah ini berasal dari Asia Tenggara dan sekarang banyak dibudidayakan ke suluruh Vietnam, Cina, dan negara-negara lain di wilayah Asia dan Australia Timur Laut.

Bentuk dari melon GAC ini adalah oval dengan ukurannya yang besar seperti melon cantalaupe dari Amerika Utara. Kulitnya memiliki duri saat sudah matang dan berwarna oranye atau merah.

Di dalam buahnya terdapat membran biji yang berwarna merah cerah dan daging buahnya berwarna kuning pucat. Rasa melon GAC ini tidak manis dan sering dibandingkan dengan rasa dari buah alpukat. Melon GAC sering digunakan untuk kari dan juga hidangan nasi.

Jenis melon GAC ini biasanya juga dijadikan obat karena memiliki kandungan lycopene dan juga beta-karoten yang sangat tinggi. Biji buahnya bisa dijadikan kapsul suplemen makanan dan bisa juga ditumbuk untuk ditambahkan ke dalam minuman.

Melon Bertanduk

tanaman buah bertanduk
tanaman buah bertanduk

Saat mendengar namanya, mungkin kalian sedikit terkejut dan jarang mendengar nama ini. Bagian kulit luar buah melon ini terdapat ujung-ujung runcing yang menyerupai tanduk.

Rasa dari buah ini getir seperti campuran rasa mentimun dengan zucchini. Bagian dalam melon ini secaman mentimun yang berwarna hijau, namun daging dan bijinya berwarna sedikit kekuningan.

 

Nah, itulah beberapa jenis melon yang bisa kalian pilih untuk budidaya. Dengan mengetahui jenis ini, kalian akan bisa dengan mudah memilih benih yang sesuai dengn keinginan kalian.
Baca Juga Artikel Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.