Ciri-Ciri Dan Fakta Pohon Jati Belanda Yang Harus Diketahui

Pohon Jati Belanda – adalah tanaman berupa pohon yang berasal dari keluarga Sterculiaceae. Pohon jati belanda ini bisa tumbuh tinggi hingga kurang lebih 10 sampai 20 meter. Tanaman pohon jati belanda juga telah populer sebagai bahan baku minuman (teh) yang banyak diyakini oleh masyarakat sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan berat badan.

Kayu jati belanda ini sebenarnya berasal dari Hindia barat, Cuba, Trinidad dan Tobago, Meksiko, Peru, Brasil. Jadi, walaupun namanya Belanda bukan berarti dari Belanda. Nama ini muncul karena kayu ini sering dijadikan bahan impor dari luar negeri dan masyarakat dahulu sering mengira bahwa luar negeri itu adalah berasal dari belanda.

Selain itu, yang perlu kalian ketahui lagi adalah, pohon jati belanda ini sebenarnya adalah pohon pinus dan bukan sama sekali pohon jati. Kayu pinus ini sudah sangat terkenal dan juga banyak digunakan oleh banyak negara di belahan dunia karena serat dan corak kayunya yang bagus.

Klasifikasi Pohon Jati Belanda

pohon jati belanda di area perkebunan
pohon jati belanda di area perkebunan

Kerajaan :Plantae

Ordo :Malvales

Famili :Sterculiaceae

Genus :Guazuma

Spesies :G.ulmifolia

Nama binomial: Guazuma ulmifolia Lamk.

Sinonim: Guazuma tamentosa Kunth

Ciri-Ciri Pohon Jati Belanda

daun dan bunga pohon jati belanda
daun dan bunga pohon jati belanda

Batang

Pohon jati belanda adalah pohon yang batangnya bulat, tegak, serta permukaan batangnya beralur sehingga terasa lebih kasar. Untuk warnanya sendiri adalah berwana hijau.

Untuk bagian kayunya sendiri memiliki serat yang halus dan juga terdapat beberapa guratan dengan warna yang lebih tua. Pohon jati belanda ini sekilas akan terlihat seperti berbuku-buku namun sebenarnya tidak karena permukaan yang sebenarnya adalah halus.

Daun

Pohon jati belanda ini memiliki daun yang merupakan daun lanset yang bentuknya seperti jantung dengan bagian ujungnya yang meruncing. Daun jati belanda ini adalah jenis daun yang majemuk dan tersusun secara berselang-seling.

Ciri-ciri lainnya adalah daun pohon jati belanda ini mempunyai daun penumpu yang yang halus dan nantinya akan berguguran atau sering rontok.

Dalam daun jati belanda juga memiliki kandungan Guazuma ulmifolia seperti damar, tannin, sitosterol, alkaloid, farnesol, catechins dan maish banyak lagi lainnya. Selain itu, daunnya juga bisa digunakan untuk membantu melangsingkan tubuh.

Secara tradisional, jati belanda ini bisa bermanfaat untuk membantu mengobati penyakit lain seperti batuk, malaria, diare, perut kembung, disentri, pilek da bisa juga digunakan untuk antiseptik.

Bunga

Pohon jati belanda memiliki bunga yang termasuk flos aklisaris karena bunga ini bisa muncuk dari bagian ketiak daun. Bunga pohon jati belanda ini sangat lucu karena ukurannya sangat kecil dan berwarna kuning.

Buah

Bagian buah pada pohon jati belanda ini berbentuk kotak dengan kulit buah yang keras. Selain itu, untuk bagian bakal buahnya memiliki kulit berduri dan juga berambu.

Ketika buah pohon jati belanda ini belum matang, maka warnanya adalah hijau. Namun ketika buah sudah tua atau matang, maka warnanya akan menghitam.

Walaupun kulit buah pohon jati belanda ini sedikit kasar, tapi rasanya manis dan juga tidak memiliki begitu banyak biji.

Fakta-Fakta Pohon Jati Belanda

tekstur pohon jati belanda bakar
tekstur pohon jati belanda bakar

Bentuk Daun

Pohon jati belanda yang sebenarnya adalah pohon pinus atau pinewood, sehingga bentuk daunnya jelaass berbeda dengan daun jati yang biasa kita temui.

Karakteristik Kayu

Kayu jati belanda memiliki beberapa karakteristik, yaitu pada berat, warna dan juga tekstur. Untuk bagian beratnya sendiri, pohon jati belanda ini lebih ringan dibandingkan dengan berat kayu jati pada umumnya.

Sedangkan dibagian warnanya, kayu jati belanda ini berwarna krem dan cenderung lebih ke warna kuning muda. Dan untuk seratnya sendiri lebih halus sehingga terlihat lebih alami.

Bukan Dari Belanda

Pohon jati belanda bukanlah tanaman yang berasal dari belanda, namun pada umumnya pohon ini berasal dari daerah New Zealand dan juga Jerman.

Nama ini diambil untk memudahkan penyebutan dan pemilihannya saja. Selain itu, orang jaman dulu lebih mengenal luar negeri sebagai Negara Belanda.

Banyak Spesies

Sebagian besar pohon jati belanda ini berasal dari benua Asia dan juga Amerika. Karena peminatnya yang tinggi, maka munculah spesies jati belanda yang lainnya sehingga sangat bervarasi.

Tipe dari pohon jati belanda ini adalah pohon pinus radiata atau pohon jati belanda yang berasal dari New Zealand.

Nama Lain

Pohon jati belanda ini tidak hanya memiliki satu nama saja. Untuk orang Jawa biasa menyebut pohon jati ini dengan sebutan pohon jati londo. Bahkan ada juga yang menyebutnya dengan sebutan kayu jati belanda bekas palet.

Namun pada umumnya pohon jati belanda ini disebut dengan sebutan kayu jati belanda dan juga kayu jati madura.

Jadi, seperti itulah kira-kira penjelasan tentang pohon jati belanda. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih.

 

Baca Juga Artikel Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.