9+ Macam-Macam Sayuran Yang Bermanfaat Dan Sering Ditanam

Sayuran –  adalah salah satu bahan pangan yang berasal dari tumbuhan dan bisa dikonsumsi untuk siapa saja. Dari beberapa jenis sayuran tersebut ada yang bisa kita temui, baik di sekitar rumah maupun di sawah.

Karena mudah ditemui, banyak masyarakat yang semakin menyukai sayur karena mudah dicari, sehat, dan bisa dikreasikan mendadi berbagai masakan.

Tanaman sayuran ini ditanam dan tumbuh tidak lain digunakan untuk dimanfaatkan untuk bahan pelengkap makan sehari-hari.

Menurut morfologinya, tanaman ini dibagi menjadi macam-macam sayuran. Ada jenis sayuran umbi akar, sayuran bayang, sayuran daun, sayuran biji, sayuran buah, dan juga sayuran bunga.

Nah untuk teman-teman yang belum mengetahui macam-macam sayuran beserta dengan manfaat baiknya, yuk baca sampai selesai!

Macam-Macam Sayuran

Brokoli

sayur brokoli hijau
sayur brokoli hijau

Tanaman brokoli adalah salah satu macam-macam sayuran yang memiliki warna hijau dan juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya kaya akan serat, vitamin, dan mineral saja, sayuran brokoli juga memiliki mengandung antioksidan seperti sulforaphane dan lutein yang mampu dan baik untuk membantu menurunkan risiko kanker.

Selain itu, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Sayuran brokoli ini juga dipercaya berkhasiat untuk kesehatan jantung.

Manfaat brokoli yang lainnya untuk kesehatan tubuh adalah untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, membantu menyehatkan kulit, menjaga kesehatan wanita hamil, membantu penderita depresi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kubis

sayuran kobis untuk sayur ataupun lalap
sayuran kobis untuk sayur ataupun lalap

Sayuran kubis adalah tanaman termasuk dalam macam-macam sayuran dengan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat kubis yang bisa kita ambil untuk kesehatan tubuh adalah untuk membantu melawan penyakit kanker, untuk melancarkan pencernaan, membantu meningkatkan kekebalan tubuh, baik untuk tulang gigi, ginjal, jantung, dan juga untuk kesehatan kulit.

Bayam

tanaman sayur-sayuran bayam
tanaman sayur-sayuran bayam

Tanaman bayam adalah jenis sayuran yang memiliki banyak vitamin. Vitamin yang ada di dalam sayuran bayam tersebut adalah vitamin A, B, C, dan K. Selain itu, sayuran bayam juga memiliki kandungan mineral seperti zat besi, magnesium, sodium, potasium, dan asa folat.

Dengan adanya berbagai kandungan tersebut, maka sayuran bayam juga memiliki banyak sekali manfaat seperti:

  1. Membantu sistem kekebalan tubuh.
  2. Membantu mengurangi radang.
  3. Membantu mencegah kanker.
  4. Bagus untuk kesehatan mata.
  5. Menyehatkan tulang.
  6. Bagus untuk kesehatan kulit.
  7. Menguatkan metabolisme.

Sawi

tanaman sayuran sawi hidroponik
tanaman sayuran sawi hidroponik

Tanaman sawi adalah jenis sayuran yang cocok ditanam di daerah dataran tinggi. Tanaman sawi akan tumbuh subur di daerah dataran tinggi dengan suhu udara yang sejuk.

Sawi yang populer di Indonesi dibagi menjadi beberapa jenis. Tetapi sawi yang banyak diketahuil oleh masyarakat umum yaitu sawi hijau dan sawi putih.

Sayuran sawi memiliki banyak sekali kandungan mineral seperti kalsium, mineral, fosfor, natrium, tembaga, kalium, dan juga zat seng.Selain itu ada juga kandungan vitamin seperti vitamin B1, B2 dan juga vitamin C.

Dari kandungan-kandungan tersebut, sawi memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, seperti:

  1. Membantu meningkatkan imunitas.
  2. Membantu menjaga kesehatan jantung.
  3. Melawan infeksi.
  4. Bagus untuk diet.

Kemangi

sayuran tanaman kemangi
sayuran tanaman kemangi

Daun kemangi merupakan daun yang terkenal dalam makanan yaitu untuk lalapan. Apabila kalian makan makanan seperti ayam goreng, ayam bakar, dan pecel lele maka pelengkap yang pas adalah lalapan daun kemangi.

Kandungan daun kemangi sendiri antara lain adalah vitamin A dan vitamin k. Selain itu, tanaman kemangi junga mengandung kandungan seperti magnesium, kalium dan juga zat besi.

Dari kandungan tersebut, daun kemangi memiliki manfaat yang cukup banyak. Manfaatnya antara lain adalah:

  1. Membantu mengurangi pembengkakan, dan peradangan
  2. Bagus sebagai anti bakteri
  3. Membantu mengurangi efek yang disebabkan oksidatif
  4. Membantu menangkal kanker
  5. Membantu mencegah penuaan dini

Seledri

tanaman seledri siap panen
tanaman seledri siap panen

Daun seledri adalah jenis tanaman yang termasuk ke dalam sayuran daun. Tanaman seledri pada umumnya digunakan sebagai bahan campuran makanan pada bakso, dan lainnya.

Bentuk daun seledri ini kecil dan juga keriting serta berwarna hijau. Nama ilmiahnya seledri sendiri adalah apium graveolens.

Seledri memiliki beberapa kandungan vitamin seperti vitamin B6, C, dan juga vitamin K. Selain itu, daun seledri memiliki kandungan zat antioksidan yang  bagus untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Beberapa manfaat daun seledri tersebut lainnya, adalah:

  1. Membantu menurunkan kolesterol.
  2. Membantu menjaga lambung.
  3. Bagus untuk kesehatan hati.
  4. Bagus untuk kesehatan sistem pencernaan.
  5. Membantu mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi.

Kenikir

tanaman kenikir untuk campuran lalapan
tanaman kenikir untuk campuran lalapan

Tanaman kenikir atau ulam raja adalah sayuran yang dipercaya bisa digunakan untuk penyedap dan juga penambah nafsu makan.

Di daerah Jawa, daun kenikir muda biasanya olah untuk dijadikan campuran pecel bersama dengan macam macam sayuran yang lainnya.

Daun Singkong

sayuran daun singkong
sayuran daun singkong

Tanaman singkong selain menghasilkn ubi juga mempunyai daun yang bisa diolah menjadi makanan. Sayuran daun singkong bisa kita jumpai di pasar-pasar.

Biasanya masyarakat menjadikan daun singkong ini menjadi masakan sederhana namun rasanya nikmat. Sayuran daun singkong biasanya dan sering dijadikan sayuran dalam masakan padang.

Pare

panen tanaman pare yang terkenal pahit
panen tanaman pare yang terkenal pahit

Apakah teman-teman adalah orang yang menghindari dan tidak mengonsumsi sayuran hijau satu ini? Pare biasnya banyak dihindari karena mempunyai rasa yang khas yatu rasa pahit.

Walaupun begitu, ternyata sayuran pare juga banyak digunakan untuk sajian kuliner di Asia Tenggara, lho.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa pahitnya adalah dengan meremas-remas pare tersebut dengan garam. Dengan melakukan hal itu sebelum mengolahnya menjadi masakan, cairan atau ekstrak pahit yang ada di dalam daging pare bisa keluar.

Mentimun

Sayuran yang satu ini mempunyai peranan penting dalam suatu sajian masakan. Selain dihidangkan menjadi lalapan atau campuran berbagai makanan, timun kini juga dijadikan salah satu bahan campuran dalam pemembuatan infused water.

 

Nah, diatas adalah beberapa sayuran yang sering ditanam dan juga dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dengan kita mengkonsumsi sayur, tubuh kita akan terbantu untuk tetap sehat dan kuat.

Sekian artikel macam-macam sayuran ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih.

Baca Juga Artikel Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.