Jual Berbagai Macam Tanaman Puring Terbaik

Tanaman Bunga Puring atau Codiaeum Variegatum adalah salah satu tanaman hiasa yang biasa ditanam masyarakat didalam pot dan digunakan untuk hiasan rumah. Tanaman puring ini memiliki daya tarik yang terletak pada daunnya.

Daun tanaman puring memiliki warna merah maroon dan memiliki kombinasi warna lain seperti putih, hijau, kuning, dan warna yang lainnya. Ukuran daunnya besar dan lebar.

Tanaman puring juga merupakan salah satu tanaman hias yang sangat populer dan banyak digemari oleh para pecinta tanaman hias. Daun yang unik dan keaneka ragaman warnanya benar-benar bisa menarik perhatian para pecintanya.

Tanaman bunga puring ini memiliki banyak sekali varian jenisnya. Selain itu, puring juga tidak begitu membutuhkan perawatan yang spesial. Maka dari itu, kita akan membahasnya disini.

Untuk kalian yang tertarik dengan tanaman puring, birikut jenis-jenis dan cara perawatannya.

Jenis-Jenis Tanaman Puring

tanaman puring berdaun panjang
tanaman puring berdaun panjang

Tanaman puring memang sangat terkenal dengan keaneka ragaman jenisnya. Walaupun begitu, tidak semua jenis puring berasal dari induk aslinya. Ada juga beberapa jenis puring yang berasal dari persilangan jenis yang satu dengan jenis yang lainnya.

Berikut beberapa jenis puring yang bisa ditanaman para penghobi tanaman hias:

  1. Puring Garis merah: merupaka jenis tanaman puring yang memiliki garis warna merah di tengah tulangan daun yang memanjang. Selain itu juga memiliki kombinasi warna kuning, hijau, dan juga merah tua. Garis itulah yang menjadi ciri umum puring garis merah, dan sedikit mirip dengan puring original yang biasa kita lihat.
  2. Puring Anggur: adalah jenis puring yang bentuk daunnya oval dan memilliki kombinasi warna merah, kuning, hijau, dan juga coklat. Selain itu, pada tengah daunnya juga terdapat bintik-bintik yang membuatnya semakin indah.
  3. Puring Kirana: merupakan puring berwarna merah yang memiliki kombinasi warna kuning dan hijau. Pada daunnya terdapat liukan dan memilin gelembang dan bentuk daunnya seditik ramping.
  4. Puring Apel: pada umumnya memiliki daun yang bentuknya bulat dengan konbinasi warna hijau dan warna kuning.
  5. Puring Bor:  memiliki ciri khas pada daunnya yang melintir seperti por. Daun tanaman puring bor ini memiliki banyak warna seperti warna merah, hijau, emas, dan hitam.
  6. Puring Cobra: sesuai dengan namanya, daun puring ini bentuknya mirip dengan ular cobra dinama bentuk daunnya yang memanjang kemudian melebar pada bagian ujungnya. Daun tanaman puring cobra ini umumnya bercorak belang-belang dan warnanya hijau, jingga dan kuning.
  7. Puring Cabai: adalah puring yang ukuran daunnya kecil-kecil seperti daun cabai. Daun puring cabai memiliki kombinasi warna yang tidak kalah cantik dengan jenis puring yang lainnya. Kombinasi warna dari puring cabai ini adalah warna hijau dan kuning.
  8. Puring Dasi: merupakan jenis tanaman puring yang daunnya berbentuk seperti dasi kupu-kupu. Kombinasi warnanya juga sangat cantik seperti warna merah, kuning, dan juga hijau.
  9. Puring Kura: adalah jenis tanaman puring yang memiliki daun dengan bentuk bulat dan coraknya seperti batok hewan kura-kura. Warna daun puring kura-kura ini adalah merah, kuning dan hijau sehingga sangat menarik dan enak untuk dipandang.
  10. Puring Jari: adalah jenis tanaman puring yang termasuk unik karena memiliki bentuk daun menjari seperti jari manusia. Warna daunnyapun juga menarik, seperti warna hijau yang dikombinasikan dengan warna kuning pada bagian tepinya.
  11. Puring Emping: memiliki bentuk daun yang yang bulat namun dibagian ujungnya lancip. Warna daunnya didominasi dengan warna-warna cerah seperti hijau dan kuning.

Cara Menanam Tanaman Puring

cangkok tanaman puring
cangkok tanaman puring

Pemilihan Media Tanam

Tahap awal yang harus dilakukakan sebelum menanam tanaman adalah menyiapkan media tanamnya. Untuk media tanam tanaman puring tidak begitu rumit karena tanaman puring sangat mudah untuk beradaptasi.

Media tanam hendaknya dipersiapkan dahulu sekitar 2 minggu sebelum digunakan. Kemudian jangan lupa untuk memilih lokasi yang tepat untuk tempat hidupnya. Lokasi yang tepat adalah lokasi yang bersih dari sampah serta polusi.

Setelah menemukan tempat yang pas, lakukan pembersihan tanah dari rumput-rumput liar maupun sampah-sampah agar tidak mengganggu proses penanaman dan juga pertumbuhan tanaman.

Setelah tanah bersih, mulailah melakukan penggemburan tanah dengan menggunakan sekop, cangkul atau alat yang bisa digunakan untuk menggemburkan tanah. Sambil melakukan penggemburan, lakukan juga pemupukan tanah menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang.

Apabila ingin menanam tanaman puring di dalam pot, kalian cukup memasukan tanah yang sudah dicampur dengan popok dengan perbandingan 1:1. Setelah semuanya siap, lakukan dulu penyiraman dengan tujuan untuk melembabkan tanah .

Selain itu jangan lupa juga untuk membuat lubang tanam yang akan digunakan untuk menanam bibit nantinya. Buat lubang dengan kedalaman kurang lebih 5 hingga 10 cm.

Pembibitan

Untuk tahap pembibitan tanaman puring, bisa dilakukan dengan cara cangkok maupun stek batang. Yang pertama kali dilakukan adalah dengan memilih batang puring yang keadaannya baik dan juga sehat.

Setelah itu kerok batang puring dengan menggunakan pisau hingga lendir batangnya hilang dan bersih. Kemudian tutup kembali batang yang sudah dikerok dengan menggunakan plastik.

Kemudian lakukan penyiraman secara rutin hingga muncul akarnya. Penyiraman ini biasanya sampai 3 minggu.

Salah satu tips untuk mendapatkan tanaman puring yang bagus adalah dengan memilih tanaman puring yang sudah tua namun sehat untuk dijadikan indukannya.

Gunakan juga tanah steril atau bersih dan juga sabut kelapa yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Hal ini bisa membantu untuk mempercepat pertumbuhan akar puring.

Cara Perawatan Tanaman Puring

jual tanaman puring
jual tanaman puring

Salah satu hal yang mempengaruhi kelangsungan hidup tanaman adalah tahap perawatan. Berikut adalah beberapa perwatan yang dibutuhkan tanaman puring.

Cahaya Matahari

Cahaya matahari mempunyai pengaruh penting terhadap pertumbuhan tanaman puring. Dengan adanya cahaya matahari tanaman bisa memasak makanan dan juga memunculkan warna daunnya sebagai daya tarik utamanya.

Maka dari itu, hendaknya tanaman puring diletakkan di tempat yang mudah terjangkau sinar matahari. Apabila tanaman puring kurang terkena sinar matahari, maka daun puring akan mempunyai warna hijau saja tidak berwarna-warni seperti tanaman puring biasanya.

Penyiraman

Selain sinar matahari, tanaman puring juga menyukai air. Pada saat musim kemarau yang kering, kita harus melakukan penyiraman rutin 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Namun ketika musim penghujan, kurangilah intensitas penyiramannya. Cukup lakukan 1 kali penyiraman yaitu pada pagi hari.

Pemangkasan.

Proses pemangkasan harus dilakukan secara teratur supaya puring bisa tumbuh dengan baik dan batangnya juga terlihat rapi. Pemangkasan juga bisa membuat batang tanaman puring menghasilkan cabang yang lebih banyak, sehingga puring akan tumbuh lebih cepat.

Penanganan Hama Penyakit

bunga puring kombinasi hijau, kuning, merah
bunga puring kombinasi hijau, kuning, merah

Hama penyakit yang biasa menyerang tanaman puring adalah penyakit yang disebabkan oleh Cendawan Dothiorella sp. Penyakit ini biasanya berkembang biak pada daerah yang tingkat kelembabannya tinggi. Oleh karena itu, penyakit ini sering menyerang tanaman puring.

Gejala yang muncul pada tanaman puring yang terserang penyakit ini adalah adanya bercak kering pada daun. Bercak kering tersebut kemudian disusul dengan munculnya warna kuning dan akhirnya daun puring bisa rontok.

Penyakit puring akibat adanya cendawan ini bisa menular memalui percikan air, baik air siraman maupun air hujan.

Pencegahan penyakit semacam ini bisa dilakukan dengan cara mengatur jarak taman agar tidak terlalu berdekatan. Selain itu lakukan juga penyemprotan pestisidaa Dhitane M-45 atau Ridomil dengan menggunakan dosis yang sesuai dengan petunjuk pada kemasan pestisida tersebut.

 

Begitulah sedikit penjelasan tentang jenis-jenis tanaman beserta dengan cara budidayanya. Dengan adanya artikel ini, semoga teman-teman yang sedang mencari tahu cara menanam puring bisa terjawab pertanyaannya.

Sekian dan terima kasih.

 

Baca Juga Artikel Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.