Jual Tanaman Keladi Hias Murah Dan Lengkap

Tanaman Keladi – merupakan tanaman yang termasuk dalam golongan genus Caladium (talas-talasan, araceae. Tumbuhan keladi ini berasal dari hutan Brazil, namun dengan sering dengan berjalannya waktu kini telah menyebar ke seluruh dunia.

Karakteristik tanaman keladi yang paling umum adalah pada bentuk daunnya yang merip dengan simbol hati atau jantung. Selain itu, daunnya juga licin karena mengandung lapisan lilin. Tanaman keladi hias ini biasa akan tumbuh lebih dari 1 meter.

Daun keladi juga memiliki corak yang sangat cantik. Apabila kedua elemen tadi bisa bersatu dan sangat jelas terlihat, maka nilai jual tanaman keladi juga semakin tinggi. Selain itu, dengan adanya karakteristik daun yang unik ini, tanaman keladi sering dipakai untuk dekorasi rumah karena tampilannya yang begitu eksotis.

Bagaimana? Tertarik untuk menanamnya?

Simak pembahasan dibawah ini tentang jenis-jenis tanaman keladi dan juga cara menanamnya!

Klasifikasi Tanaman Keladi

berbagai tanaman keladi hias
berbagai tanaman keladi hias

Kigdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta

Sub Divisi: Angiospermae

Kelas: Monocotyledonae

Ordo: Araceales

Family: Araceae

Genus: Caladium

Ciri-Ciri Tanaman Keladi

tanaman keladi hias
tanaman keladi hias

Selain bentuk daun yang seperti hati atau jantung, tanaman keladi juga merupakan salah tanaman yang memiliki ciri-ciri yang sesuai dengan jenis keluarganya yaitu Araceae.

Bentuk bunga yang dimiliki tanaman keladi adalah seperti tonjolan yang bulat memanjang dan ujungnya tumpul atau biasa disebut dengan spandiks. Spandiks ini dibungkus dengan selundang yang disebut dengan spata. Warna dari spandiks sendiri, umumnya sama dengan warna spatanya.

Pada saat  bunga keladi masih muda, spata ini membungkusnya dengan sangat kuat hingga waktu mekarnya tiba baru perlahan membuka hingga spandiks terlihat.

Hampir semua jenis tanaman keladi tidak memiliki batang, namun memiliki pelepah atau tangkai daun. Warana daunnya sangat bervariasi mulai dari hijau muda, hijau tua, hijau keunguan, hijau kehitaman, putih, kuning, merah muda dan masih banyak lagi kombinasi warnanya.

Jenis-Jenis Tanaman Keladi

Keladi bicolor

tanaman keladi bicolor
tanaman keladi bicolor

Tanaman hias keladi bicolor adalah salah satu jenis tanaman keladi yang sangat menarik dan indah. Warna daunnya sangat bervariasi namun, warna utamanya adalah hijau dan merah.

Perpaduan warna daun yang dimiliki tanaman keladi bicolor adalah :

  1. Bagian tengah daun memiliki warna merah cerah dan bagian sisi-sisinya berwarna hijau pucat.
  2. Pusta daunnya berwarna pink dengan pinggirannya berwarna hijau gelap
  3. Memiliki tulang daun berwarna hijau dan putih yang menjadi warna dasarnya

Caladium Lindenii

tanaman keladi jenis Caladium Lindenii
tanaman keladi jenis Caladium Lindenii

Mungkin ada beberapa dari kalian yang bertanya-tanya “ada nggak sih keladi hias yang auranya elegan dan juga minimalis?

Dan jawabannya adalah “ada”.

Salah satu jenis tanaman keladi hias adalah Caladium Lindenii. Tanaman keladi jenis ini adalah keladi yang ukuran daunnya relatif besar, daunnya berwarna hijau tua yang cerah dengan motif daun seperti tulang berwana putih.

Dengan ciri khas yang seperti itu, maka tanaman keladi jenis ini sangat terlihat elegan dan juga minimalis.

Keladi Tengkorak

tanaman keladi tengkorak
tanaman keladi tengkorak

Eeemmm, apa yang ada dalam pikiran kalian ketika mendengar/membaca ini?

Tanang-tenang, walaupun namanya sedikit menyeramkan tapi tanamannya sangat menyenangkan loh. Tanaman jenis ini memiliki penampilan yang sangat eksotis jadi sangat cocok untuk digunakan sebagai tanaman hias rumah kalian.

Kenapa namanya “tengkorak”?

Tanaman ini diberi nama “keladi tengkorak” karena bentuk daunnya yang hapir menyerupai tulang belulang. Daunnya berbentuk oval dengan tulang daun yang menonjol, sehingga terlihat seperti tulang-tulang pada tengkorak.

Nama keladi tengkorak ini hanya dikenal di wilayah Indonesia saja. Sedangkan di luar negeri namanya adalah “Alocasia Cuprea”.

Keladi Liliput

tanaman keladi liliput
tanaman keladi liliput

Sesuai dengan namanya, tanaman keladi ini bentuknya yang kecil, kerdil, mungil seperti liliput. Karena memang tanaman keladi ini memiliki perawakan yang kecil, jadi hanya bisa tumbuh kurang lebih 20 cm saja.

Yang membuat menarik tanaman keladi ini adalah bentuknya yang kecil sehingga dianggap sebagai ciri utamanya. Selain itu, tanaman kaladi liliput memiliki kombinasi warna yang sederhana namun bisa menarik perhatian. Daunnya memiliki corak warna hijau dan putih pada permukaan daunnya.

Nah tidak hanya itu, masih banyak lagi jenis-jenisnya, seperti:

  1. Keladi bicolor
  2. Keladi tikus
  3. Keladi black jack
  4. Keladi tengkorak
  5. Keladi tengkorak hijau
  6. Keladi kuping keledai
  7. Keladi kuping kelinci
  8. Keladi kuping jerapah
  9. Keladi corong
  10. Keladi polka green
  11. Keladi army look
  12. Keladi tricolor
  13. Keladi tatto
  14. Keladi neon
  15. Keladi black velvet
  16. Keladi variegata
  17. Keladi dream fantasy
  18. Keladi wayang
  19. Keladi joker
  20. Keladi batura

Cara Menanam Keladi Hias

jenis tanaman keladi tengkorak
jenis tanaman keladi tengkorak

Pembibitan

Untuk pembibitan keladi hias, biasa kalian dapatkan dari tanaman indukannya. Ambil sebagian umbi indukan dan potong hingga menjadi beberapa bagian. Setelah menjadi beberapa potongan, letakkan umbi tersebut di tempat yang lembab dan basah hingga muncul tunas baru.

Ketika tunas sudah mencapai 5 cm, maka tunas siap dipindahkan kemedia tanamnya. Masukan kedalam pot yang sudah diisi dengan tanah pilihan bercampur dengan kompos.

Proses Penanaman Keladi

Untuk media tanam tanaman keladi, bisa menggunakan campuran tanah dan kompos dengan menggunakan perbandingan 1:1. Setelah siap, masukan umbi yang sudah bertunas tadi kedalam pot dan tutup dengan media tanam hingga umbinya tertutup semua.

Cara Merawat Tanaman Keladi

jual tanaman keladi
jual tanaman keladi

Pada tahap penyiraman ini bisa dilakukan satu kali sehari saja, yang penting media tanamannya tidak terlalu kering. Penyiramannya dilakukan pada media tanamannya bukan ke tanamannya ya.

Setelah penyiraman, perlu juga diperhatikan tempat peletakan tanaman keladi. Tanaman keladi ini memerlukan cahaya matahari penuh, sehingga akan lebih baik apabila ditaruh di ditempat yang mudah terjangkau sinar matahari. Dengan sinar matahari warna merah daun akan terlihat lebih jelas dan menarik.

Selain penyiraman dan peletakan, perlu juga dilakukan penggantian pot kita tanaman sudah mulai tumbuh rimbun. Caranya adalah dengan mengeluarkan tanaman keladi dari pot dan dibersihkan media tanamnya. Setelah itu pisahkan tanaman keladi menjadi beberapa bagian dan masukan kedalam pot baru yang sudah diisi media tanama baru.

Setelah diganti potnya, letakkan tanaman keladi di tempat yang teduh kurang lebih 1 minggu. Ketika tanaman sudah terlihat normal dan sehat baru letakkan ditempat yang bisa dijangkau matahari.

Pelu juga dilakukan perawatan lain seperti perambanan dan penyiangan. Adapun juga perawatan yang harus dilakukan adalah pemupukan dengan menggunakan kompos atau pupuk kandang ketika sudah berumur 4-5 minggu.

Apabila terjadi daun layu pada usia 7/8 bulan setelah masa pertumbuhan, biarkanlah daun tersebut kurang lebih  3/4 bulan. Daun yang layu tersebut lama-kelamaan akan mati secara perlahan yang diawali dengan munculan kerutan pada daun.

Ketika semua daun tanaman keladi mati, bukan berarti tumbuhan itu mati untuk selamanya. Namun, umbi yang berada dalam tanah tersebut masih hidup dan bisa menyimpan air ketika hujan. Umbi itu nantinya akan memunculkan tunasatau daun baru yang membuatnya terlihat hidup kembali.

 

Demikin artikel kali ini tentang tanaman keladi. Untuk kalian yang ingin mengkoleksi tanaman keladi hias, bisa kalian dapatkan di toko-toko bunga kepercayaan kalian.

Sekian, semoga bermanfaat sedikit ilmu ini.

Terima kasih.

Baca Juga Artikel Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.