Jual Bibit Tanaman Hias Aglaonema Murah Dan Berkualitas

Tanaman Aglaonema atau yang biasa disebut dengan nama Sri Rejeki adalah salah satu jenis tanaman hias yang dikenal sebagai ratu tanaman. Bentuk dari tumbuhan Aglaonema ini sangat cantik dan juga anggun.

Aglaonema pada umumnya ada beberapa jenis, namun warna bercak hijau pada sela daunnya tetap ada dari berbagai jenisnya itu. Tanaman aglaonema biasanya dikembangkan dengan cara persilangan dengan jenis aglaonema yang lain. Sehingga bisa menghasilkan warna yang sangat cantik dan menarik.

Biasanya Aglaonema dijadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan karena warnanya yang indah dan bermacam-macam, sehingga membuat penghuni rumah menjadi betah.

Nilai bisnis dari tanaman Aglaonema ini dikenal sangat tinggi karena banyak digemari oleh orang-orang. Harga tanaman hias Aglaonema bisa sangat mahal apabila memilki warna dan corak yang cantik.

Bagaimana? Anda mulai punya rencana untuk membudidayakan Aglaonema?

Yuk simak sedikit penjelasan berikut!

Cara Menanam Aglaonema

tanaman aglaonema
jual tanaman aglaonema

Penanaman Dengan Biji

Apabila Anda ingin menanamnya dengan cara pembijian, maka Anda harus mendapatkan biji terbaik dari tanaman indukannya yang sudah tua atau berumur. Sebelum ditanam, biji direndam terlebih dahulu kurang lebih 2 hingga 3 jam untuk membantu perangsangan pertumbuhan biji tersebut.

Cara Menanam Aglaonema dengan Stek

Untuk menanam tanaman hias Aglaonema dengan cara stek, kita bisa menggunakan bagian yang berasal dari indukannya. Jangan lupa untuk memilih indukan yang kuat dan kokoh serta mimiliki daun paling tidak 5 helai setelah pucuknya diambil.

Setelah indukan dipilih dan telah dilakukan penyetekan, tanaman Aglaonema harus diletakkan ditempat yang teduh. Namun cara ini memiliki kekurangan yaitu bisa tumbuh cabang-cabang.

Cara Menanam Aglaonema dengan Cangkok

Cara menanam Aglaonema dengan cara cangkok terbilang tidak begitu sulit namun sangat dibutuhkan ketelitian. Apabila Anda berhasil menanam dengan cara cangkok, maka Anda akan bisa mendapatkan tanaman baru dengan lebih cepat. Namun apabila penanaman gagal, tanaman akan mengalami pembusukan.

Cara menanam tanaman Aglaonema dengan cara cangkok bisa dimulai dengan pemilihan indukan. Indukan yang bagus adalah indukan yang memiliki batang kokoh dan berwarna coklat.

Apabila sudah dipilih, lakukan pengelupasan batang pohon hingga terlihat bagian dalamnya yang putih. Untuk pengelupasan cukup sedikit saja, sesuai dengan yang dibutuhkan.

Setelah itu, tutup lapisan ini dengan menggunakan campuran pasir, tanah humus, sekam, dan pakis dengan perbandingan 5:2:1:2 kemudian bungkus dengan plastik.

Setelah terbungkus dengan rapat, selanjutnya adalah pembuatan lubang kecil pada plastiknya untuk dijadikan sirkulasi udara yang sekaligus untuk pengakaran.

Jangan lupa untuk melakukan penyiraman setiap 2 kali sehari selama 3 hingga 4 minggu kedepan.

Cara Menanam Aglaonema dengan Pemisahan Anakan

Metode penanaman ini adalah dengan cara memotong bagian akar sambung antara indukan tanaman Aglaonema dengan akar anakannya. Pastikan terlebih dahulu bahwa anakan tersebut sudah benar-benar berakar dan cukup kuat untuk dipisahkan dengan induknya. Tanda bahwa akarnya sudah kuat adalah ketika akarnya berwarna putih dan gemuk.

Untuk mempercepat proses penunasan kembali setelah anakan dipisah, potonglah bagian pucuk indukan dan sisakan 1 helai daun saja. Hal ini akan membantu merangsang keluarnya tunas baru pada tanaman Aglaonema.

Agar tanaman indukan tetap terjaga kesehatannya, Anda bisa mengoleskan cairan antiseptik khusus untuk tanaman pada bagian yang sudah dipotong.

Pemilihan Media Tanam

jual tanaman aglaonema indah
jual tanaman aglaonema indah

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk menunjang pertumbuhan tanaman Aglaonema adalah menggunakan media tanam yang baik seperti:

  1. Sekam Bakar: merupakan salah satu media tanam yang daya tahannya cukup lama dan sifatnya steril. Namun, daya serap airnya tidak begitu baik walaupun sudah menggunakan aerasi yang baik. Dengan begitu kita harus menambahkan madia tanam lainnya yang punya daya serap yang baik.
  2. Pasir Malang: biasanya digunakan untuk pencegahan media tanam agar tidak terlalu basah atau menggenang karena terlalu banyak air yang masuk.
  3. Pakis: Merupakan media tanama yang punya sistem drainase, dan bagus untuk perkembangan akar.
  4. Cocopeat: Adalah media tanam yang berasal dari olahan sabut kelapa. Media ini bisa membantu untuk menahan air dan sering digunakan para penghobis untuk media tanam tanaman yang mereka tanam.

Cara Perawatan Aglaonema

jual bibit aglaonema hijau
jual bibit aglaonema hijau

Tanaman Aglaonema adalah tanaman yang pesonanya sangat cantik dan juga menarik. Untuk mendapatkan hal itu, kita harus memberikan perawatan dan juga pemeliharaan yang baik juga tepat.

Banyak yang bilang bahwa merawat tanaman Aglaonema ini cukup mudah, namun tidak boleh disepelekan atau diberikan perawatan yang asal-asalan. Apabila seperti itu, tanaman Aglaonema tidak akan memberikan hasil yang maksimum.

Oleh sebab itu, para pecinta tanaman Aglaonema harus memperhatikan apapun yang diperlukan Aglaonema tersebut. Bagaimana caranya?

Simak pembahasan tersebut!

Penyiraman Aglaonema

Penyiraman tanaman Aglaonema bisa dilakukan setiap satu hari sekali dengan air secukupnya sesuai dengan kelembaban tanah saat itu.

Tanaman Aglaonema adalah jenis tanaman yang menyukai tanah yang tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basah. Dalam perawatan tanaman Aglaonema jangan pernah menggunakan air kaporit untuk bahan penyiramnya.

Pemupukan Tanaman Aglaonema

Masa pemupukan cukup dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan menggunakan pupuk yang sudah terekomendasi oleh para ahli Aglaonema. Kita bisa mendapatkan pupuk tersebut di toko bibit maupun toko pupuk terdekat atau langganan kita.

Untuk penggunaan pupuk alami, kita bisa menggunakan bahan disekitar kita seperti air bekas cucian beras. Berikan pupuk ini dengan cara menyiramkannya di tanah dan bukan di daun/batang.

Peketakan Tanaman Aglaonema

Untuk penempatan tanaman Aglaonema sendiri, sebaiknya diletakkan pada tempat yang teduh karena tanaman Aglaonema tidak bisa terkena sinar matahari langsung.

Kita bisa meletakkannya di teras ataupun tempat lain yang kita punya dan telah kita pastikan bahwa tepat tersebut intensitas cahayanya rendah.

Perlindungan Dari Hama Penyakit

jual aglaonema corak hijau
jual aglaonema corak hijau

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembudidayaan tanaman adalah tanaman dan hama pengganggu yang menyebabkan penyakit. Penyakit umum yang biasa menyerang tanaman hias Aglaonema adalah jamur fusarium yang bisa membuat tanaman layu.Untuk penanganan dan pencegahannya kita bisa menggunakan fungisida.

Untuk hama ulat, kita bisa menanganinya dengan menyingkirkannya. Sedangkan untuk kutu kebul kita bisa menyiramkan air sabun. Pakailah air sabun yang tidak terlalu pekat, gunakan saja sabun cuci piring.

Tips Agar Daun Tetap Mengkilap

jual tanaman aglaonema daun merah
jual tanaman aglaonema daun merah

Banyak orang yang mengatakan bahwa tanaman Aglaonema yang bagus adalah tanaman yang daunnya mengkilap. Bagaimana caranya agar daun Aglaonema bisa tetap mengkilap?

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan agar bisa menjaga daun Aglaonema kita tetap sehat dan mengkilap.

Bahan yang bisa kita gunakan untuk mengkilapkan daun adalah susu, air, dan ampas kelapa. Semua bahan ini bisa kita gunakan dengan cara memakai spon yang cukup halus  permukaannya sebagai pengaplikasiannya.

Pengelapan ini hendaknya dilakukan secara rutin namun jangan terlalu sering. Bisa dilakukan ketika daun terlihat kusam saja.

Bagaimana? Tertarik untuk mulai melakukan budidaya tanaman Aglaonema? Anda bisa dapatkan bibitnya di toko online ini.

 

Demikian sedikit penjelasan tentang budidaya tanaman Aglaonema. Semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

Baca Juga Artikel Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.