3+ Contoh Umbi Batang Yang Memiliki Banyak Manfaat

Umbi Batang – adalah umbi yang terbentuk dari perpaduan batang seperti rimpang (rizhoma) atau geragih (stolo). Umbi batang ini mampu menumbuhkan tunas baru maupun akar, sehingga sering dijadikan sebagai bahan perbanyakan vegetatif.

Pembengkakan batang pada umbi batang sendiri bisa menyimpan air dan juga nutrisi. Kandungan iar dan nutrisi tersebut akan digunakan tekika kondisinya sedang sulit seperti saat kemarau dan juga saat musim dingin.

Tanaman ini ketika musim gugur akan mati kecuali bagian batang barunya yang memiliki tunas dominan dan nantinya bisa menghasilkan daun baru pada saat musim semi.

Bagian umbi pada tanaman umbi batang ini tumbuhnya di bawah permukaan tanah. Umbi ini akan tumbuh dan membesar hingga minghasilkan pati atau yang biasa disebut dengan tuber.

Klasifikasi Umbi Batang

tanaman umbi batang
tanaman umbi batang

Secara ilmiah umbi batang ini memiliki klasifikasi sebagai berikut:

Devisi:C Spermatophita
Subdevisi: Angiospermae
Kelas: Dikotiledon
Ordo: Solanales
Famili: Tuberaceae
Genus: Tuber
Spesies: Tuber cauligenum

Contoh Tanaman Umbi Batang

Kentang

umbi batang kentang
umbi batang kentang

Tanaman kentang atau solanum tuberosum adalah tanaman tahunan yang termasuk dalam keluarga Solanaceae. Tanaman ini umbi ini ditanam untuk diambil bagian umbinya yang nantinya akan dimasak dan dimakan.

Ketanag berasal dari daerah Andes, Peru-Bolivia yang menjadi salah satu tanaman pokok dunia. Kenapa menjadi tanaman pokok dunia? Karena jenis umbi batang yang satu ini (kentang) memiliki banyak kandungan karbohidrat dan pati. Selain itu, ada pula kandungan protein, karotenoid, mineral, polifenol, dan beberapa vitamin seperti vitamin C hingga asam folat.

Tanaman kentang biasanya berkulit coklat muda dan sedikit kekuningan. Bagian dagingnya biasanya berwarna putih atau kuning sesuai dengan jenisnya.

Umbi kentang sering disajikan dengan bentuk yang sudah dihaluskan maupun masih utuh seperti ketika baru dipetik. Selain itu, kentang juga biasa dijadikan tepung untuk digunakan dalam pembuatan roti dan juga sebagai pengental saus.

Talas

umbi batang tanaman talas
umbi batang tanaman talas

Tanaman talas atau Colocasia Esculenta adalah tanaman yang berasal dari keluarga Araceae. Diperkirakan, tanaman ini berasal dari wilayang Asia Tenggara dan kini telah menyebar sampai ke pulau-pulau pasifik.

Talas adalah salah satu tanaman pangan yang menjadi makanan pokok oleh masyarakat sekitar. Tanaman ini diambil bagian ubinya untuk diolah agar bisa dimakan.

Didalam umbi talas terdapat beberapa kandungan seperti tepung yang kemudian bisa dibuat menjadi roti da puding. Selain itu, ada juga yang memasaknya menjadi tenam sayur-sayuran.

Talas merupakan tanaman umbi-umbian yang perlu ditanam di daerah yang tanahnya bisa berdrainase dengan baik agar bisa tumbuh subur dan bisa menghasilkan umbi yang besar.

Tanaman umbi talas akan mulai bisa dipanen pada umur ke tujuh bulan setelah proses penanaman. Pada bagian daun dan umbi talas terdapat racun apabila dimakan secara langsung tanpa dimasak terlebih dahulu.

Kandungan kalsium oksalat tersebut harus dihancurkan terlebih dahulu dengan cara pemanasan agar semua rancun-racun hilang.

Suweg

ubi suweg tanaman umbi batang
ubi suweg tanaman umbi batang

Nama Suweg adalah nama yang berasal dari Bahasa Jawa, sedangkan untuk Bahasa Inggrisnya adalah Elephant Foot dan apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah Umbi Kaki Gajah. Sesuai dengan ukurannya yang besar seperti kaki gajah, maka umbi ini disebut dengan nama umbi kaki gajah atau suweg (Amorphophallus Paeoniifoliu).

Tanaman suweg adalah tanaman umbi-umbian yang berasal dari daerah tropis terutama Afrika, Asia Tenggara, Asia Selatan dan juga Kepulauan Tropis Pasifik. Tanaman ini telah dibudidayakan sebagai tanaman komersial karena potensi produksi dan pupularitasnya sebagai sayuran sangat tinggi dalam berbagai macam masakan.

Di wilayah Jawa Tengah, umbi suweg ini sering dijadikan makanan pokok sebagai pengganti nasi. Cara memasaknya sangat mudah, cukup dengan merebusnya saja hingga matang. Umbi suweg memiliki kandungan gula yang sangat rendah, jadi cocok untuk teman-teman yang sedang menjalankan progaram diet.

Di daerah India sendiri, tanaman umbi suweg atau umbi kaki gajah ini sering digunakan untuk pengobatan. Selain juga sangat direkomendasikan untuk dijadikan salah satu obat utama dalam sistem pengobatan di India seperti Sidda, Unani, dan Ayurveda.

Dahlia

Tanaman umbi batang bunga dahlia
Tanaman umbi batang bunga dahlia

Tanaman dahlia adalah tanaman perdu berumbi yang sifatnya tahunan atau parenial. Bunga dahliah akan mulai berbunga di saat musim panas hingga musim gugur. Tanaman dahlia ini adalah tanaman nasional dari negara Meksiko dan juga merupakan bunga yang asalnya asli dari negara tersebut.

Dahlia adalah tanaman yang berasal dari anggota Asteraceae atau Compositae. Tanaman ini merupakan tanaman dikotil yang termasuk dari golongan bunga matahari, krisan, zinnia dan juga daisy. Tanaman dahlia memiliki 42 spesies dengan hibrida yang pada umumnya tumbuh sebagai tanaman kebun.

Tanaman bunga dahlia juga memiliki banyak sekali transposon-transposon genetik yang bisa berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya.

Ubi Jalar (Ketela Rambat)

umbi batang jenis ubi jalar
umbi batang jenis ubi jalar

Tanaman ubi jalar atu biasa disebut dengan ketela rambat adalah salah satu jenis tumbuhan yang kaya akan kandungan karbohidrat. Nama latin dari ubi jalar adalah Ipomoea Batatas yang juga termasuk dari famili Convolvulaceae dan juga berasal dari ordo Solanales (seperti kentang).

Ubi jalar sendiri memiliki 3 jenis yakni ubi jalar kuning, ubi jalar merah, dan ubi jalar ungu. Pada ubi dengan berat 100 gram, berarti terdapat 86 kcal dan 20.12 gram karbohidrat. Hal ini menunjukan bahwa ubi jalar memiliki banyak kandungan gizi dan energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan Dan Manfaat Umbi Batang

Secara umum, umbi batang memiliki banyak sekali kandungan gizi, antara lain adalah:

Memiliki Kandungan Magnesium

Di dalam umbi batang, terdapat kandungan magnesium yang bisa menjadikan tubuh seseorang menjadi lebih rileks. Hal ini bisa terjadi karena zat yang masuk ke dalam tubuh tersebut masih tergolong kategori mineral yang mampu membatu mencegah stres.

Selain itu, kandungan magnesium tersebut juga sangat bermanfaat dan juga dibutuhkan oleh otot, tulang, dan juga jantung.

Kaya Akan Vitamin D

Jenis vitamin D yang terdapat pada umbi batang bisa membantu untuk menjaga sistem pertahanan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin D ini juga berperan penting dalam meningkatkan energi dan mood seseorang.

Vitamin D juga sangat membantu dalam proses pertumbuhan tulang manusia. Selain itu, juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi.

Mengandung zat besi

Kandungan zat besi yang terdapat pada umbi sangatlah bagus untuk proses produksi sel darah merah dan juga sel darah putih. Selain itu, zat besi yang ada pada umbi juga bisa membantu proses metabolisme protein yang ada di dalam tubuh.

Sumber Vitamin C

Manfaat dari vitamin C itu sendiri adalah untuk membantu tubuh dalam menangkal virus dan radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga berperan penting dalam penyembuhan luka dan sebagai sumber zat kolagen yang berfungsi sebagai anti aging sehingga mampu menjaga kulit agar tetap terlihat awet muda.

Kandungan Karoten

Warna umbi bisa menunjukkan bahwa sumber pangan ini mempunyai kandungan karoten. Menurut riset dari Universitas Harvard kandungan zat karoten ini berfungsi untuk mencegah kanker paru-paru dan mampu untuk mencegah wanita terkena serangan penyakit kanker payudara.

Kaya Akan Serat

Kandungan serat yang tinggi pada umbi sangatlah bagus untuk saluran pencernaan. Selain itu, serat tersebut juga mampu mencegah usus agar tidak mengalami peradangan. Kandungan serat ini mampu menjauhkan risiko penyakit batu ginjal, iritasi pada usus, dan batu empedu.

Vitamin B6

Manfaat vitamin B6 adalah membantu sistem metabolisme dalam tubuh supaya bisa berjalan dengan lancar. Zat ini juga bisa membantu meningkatkan sistim kekebalan tubuh, otot, dan juga fungsi saraf.

Selain itu, kandungan vitamin B6 juga sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak yang akan mendorong hormon serotonin dan hormon nerpinefrin. Dari kedua hormon tersebut sangat berkaitan dengan suasana hati seseorang menjadi lebih baik

Nah, kurang lebih seperti itulah artikel kali ini tentang contoh umbi batang, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Sekian dan terima kasih.

Baca Juga Artikel Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.