Menu

Ciri – Ciri Kucing Hamil

Perlu anda ketahui apabila anda memelihara kucing kesayangan betina, seperti hewan mamalia lain nya, kucing bisa mengalami masa kehamilan untuk kemudian menghasilkan keturunan nya.

Mengenali kehamilan pada kucing dapat membantu untuk mempersiapkan kelahiran bayi kucing nanti nya, misal dengan menambah asupan vitamin pada makanan kucing.

Tentu ini suatu hal yang menyenangkan dari kucing yang di pelihara, karena kucing bisa bertambah banyak.

Apabila anda berniat untuk mengembang biak kan kucing peliharaan, anda perlu mengenali ciri – ciri kucing hamil agar bisa membantu lahir nya keturunan kucing tersebut dan bisa lahir dengan sehat.

Tanda – tanda kucing hamil bisa saja cukup sulit untuk dikenali.

Tapi adanya tanda – tanda berikut ini anda bisa membedakan jika kucing yang anda pelihara mempunyai kebiasaan dan bentuk fisik yang berbeda seperti kebiasaan yang di lakukan dan bentuk tubuh sebelum nya.

Ciri - ciri kucing hamil

Kucing betina akan bisa hamil saat menginjak usia empat bulan, meskipun pada usia itu kucing betina dianggap masih terlalu kecil untuk hamil.

Yang sebenar nya usia ideal untuk seekor kucing hamil adalah sudah menginjak usia 12 bulan.

  1. Kucing Menjadi Lebih Sering Tidur

Kucing yang sedang hamil cenderung lebih sering untuk tidur, namun nafsu makan nya cenderung meningkat. Dan kucing lebih sering tidur ini bukan dalam keadaan kucing tersebut sedang sakit.

  1. Puting Susu Memerah dan Membesar

Puting susu memerah dan membesar biasa nya terjadi pada hari ke-15 atau ke-18 dari awal kehamilan.

Ini bisa disebut juga sebagai pinking up yaitu tanda bahwa kucing tersebut sedang mempersiapkan diri nya untuk menyusui bayi nya jika sudah lahir.

Akan tetapi ini bukan merupakan tanda kucing hamil saja, namun ini juga bisa terjadi sebagai tanda bahwa kucing sedang dalam masa birahi.

  1. Punggung Kucing Melengkung

Saat kucing hamil bisa anda amati bahwa punggung nya tampak agak melengkung.

Berbeda pada kucing biasa nya punggung kucing tidak hamil akan tampak datar dan biasa, dan akan terlihat semakin jelas ketika perut nya mulai membesar.

  1. Perutnya Membulat

Jika perut  kucing sedikit membulat atau menggembung kemungkinan besar kucing sedang hamil.

Perlu berhati – hati saat memperlakukan perut kucing sedang hamil, jika terkena tekanan terlalu keras, bisa saja menimbulkan resiko keguguran pada kucing.

  1. Bulunya Mudah Rontok

Biasanya kucing betina yang sedang hamil akan mengalami kerontokan pada bulu nya, bisa anda amati bahwa bulu kucing akan tampak lebih tipis dibanding biasa nya.

Ini disebabkan karena kucing mengalami kehamilan yang menimbulkan diproduksi hormon tertentu dalam tubuh yang mempengaruhi produksi minyak di lapisan kulit nya.

Dan kerontokan bulu ini biasa nya akan berakhir setelah satu atau dua minggu dalam masa kehamilan.

  1. Nafsu Makan Meningkat

Apabila kucing betina anda semakin sering makan, kemungkinan besar kucing anda sedang hamil.

Dan akan terlihat lebih banyak makan saat kehamilan nya mulai menginjak usia tiga minggu sejak awal kehamilan, karena kucing merasa bahwa kebutuhan nutrisi nya meningkat.

  1. Morning Sickness

Meski tidak selalu tampak jelas kucing yang hamil mengalami morning sickness.

Beberapa kucing akan tampak mual dan malas makan pada awal-awal dia hamil, sebagai pemilik kucing anda bisa memperhatikan nya.

  1. Muntah

Kucing yang sedang hamil biasa nya mengalami muntah – muntah, apabila yang di alami ini berlebihan ada baik nya jika anda segera membawa nya ke dokter hewan agar kucing mendapat penanganan yang tepat, di khawatirkan ini karena keracunan makanan.

  1. Lebih Pendiam

Anda bisa mengamati kucing cenderung berubah menjadi lebih lembut dan tenang apabila sedang hamil, padahal  biasanya kucing bertingkah ceria, lincah dan suka bermain – main.

Kucing terkesan malas namun ini adalah tanda – tanda kucing hamil dan anda harus memperhatikan nya.

  1. Lebih Suka Mencari Perhatian

Ciri - ciri kucing hamil

Pada dasar nya kucing merupakan hewan yang manja, namun saat kucing sedang hamil akan menjadi lebih manja daripada biasa nya.

Kucing bisa saja akan sering mendekat ke anda untuk mencari perhatian atau sekedar bersantai atau pun minta belaian anda.

Usahakan memahami perlakuan ini dan belai atau elus lah kucing anda dengan penuh kasih sayang.

  1. Berhentinya Siklus Birahi

Bagi anda yang mengamati mungkin tahu bahwa ada waktu – waktu tertentu dimana kucing anda memasuki masa birahi.

Namun jika pada siklus birahi ini berhenti tiba-tiba atau kucing tampak tidak memiliki birahi, ada kemungkinan ini merupakan tanda – tanda kehamilan kucing.

  1. Bersikap Defensive

Sikap kucing betina yang menjadi lebih protektif atau terkesan galak kepada kucing lain nya ini termasuk bisa menjadi tanda bahwa kucing sedang hamil.

Kucing anda ingin melindungi calon bayi yang di kandung nya, dan ini mungkin merupakan bentuk kasih sayang ibu kucing kepada calon bayi dan melindungi bayi kucing jika sudah lahir nanti.

  1. Nomaden

Kucing yang sedang hamil biasa nya cenderung berpindah – pindah untuk mencari tempat yang nyaman untuk nya.

Walaupun anda telah memberi tempat tidur khusus untuk kucing anda tetapi kucing tidak mau tidur di tempat biasa nya.

Sikap kucing ini bertujuan untuk mencari tempat yang paling aman dan nyaman untuk mempersiapkan kelahiran bayi nya.

  1. Mulai Mencari Sarang

Di akhir masa kehamilan kucing akan mulai mencari sarang atau tempat yang aman dan nyaman untuk mempersiapkan kelahiran bayi nya.

Biasa nya kucing akan memilih tempat yang hangat dan tenang serta aman sebagai tempat dia melahirkan.

Tempat tersebut juga akan menjadi tempat bayi – bayi nya menghabiskan hari – hari pertama kehidupan bayi kucing.

Jika ini terjadi  anda bisa membantu mempersiapkan tempat yang nyaman untuk kucing peliharaan anda.

Misalnya dengan menyediakan tumpukan handuk kering dan hangat di tempat yang kemungkinan kucing inginkan untuk melahirkan bayi nya.

  1. Keluar Air Susu

Keluarnya air susu dari puting kucing anda menandakan bahwa kucing sedang hamil tua, dan bisa diperkirakan bahwa kucing peliharaan anda akan melahirkan dalam 2 sampai 3 minggu ke depan.

  1. Hasil USG Menunjukkan Hasil yang Positif

Anda bisa membawa kucing peliharaan anda ke dokter hewan untuk di periksa kehamilan nya, untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dokter hewan akan melakukan USG untuk memeriksa perut kucing.

Biasanya tindakan ini bisa di pastikan kehamilan nya saat usia kandungan kucing mencapai usia 3 minggu.

Itulah ciri – ciri kucing hamil yang perlu anda ketahui jika memelihara nya, selain itu berikut ini ada beberapa fakta mengenai kucing saat hamil.

Fakta Kucing Saat Hamil

  • Lama kucing hamil

Rata – rata kucing betina mempunyai masa kehamilan sekitar 65 hari dalam interval 64 sampai 67 hari.

Ada juga yang menyebutkan kalau masa masa kehamilan kucing selama 58 sampai 74 hari. Dan kucing juga ada yang melahirkan secara prematur, jika kesehatan janin kucing kurang baik.

Sekedar informasi buat anda, bahwa kucing akan mengandung janin paling sedikit 1 dan paling banyak adalah 13, dan rata – rata kucing betina yang hamil akan melahirkan 4 hingga 6 anak kucing.

Jika kucing mengandung 1 janin, kemungkinan besar tidak melahirkan secara normal tetapi dengan operasi caesar.

Karena badan janin kucing yang besar yang dapat menyebabkan calon bayi susah di lahirkan secara normal.

  • Makanan Kucing Hamil

Saat kucing peliharaan anda hamil mungkin ter pikirkan tentang makanan nya, jangan sampai kucing tidak nafsu makan.

Tentu kucing kesayangan anda perlu diberi makanan terbaik, yaitu makanan yang bergizi tinggi.

Anda bisa memilih makan kucing dengan brand yang sudah terbukti kualitas nya, apalagi jika makanan sudah di formulasi kan untuk kebutuhan kucing saat hamil.

Untuk porsi makanan kucing saat hamil tentu lebih banyak dari ketika kucing tidak hamil dan juga sesekali perlu memberi suplemen kalsium untuk memperkaya produksi air susu kucing.

Mungkin ada baik nya kalau kucing kesayangan anda rutin check up ke dokter untuk memeriksa keadaan induk kucing dan janin nya.

Ini bertujuan untuk menambah kesiapan kucing kesayangan anda yang akan melahirkan dan memiliki keturunan.

Itulah informasi dari Kandang Kebun mengenai ciri-ciri kucing hamil, dan hal yang terkait dan perlu anda di ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, terima kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *