Cara Merawat Kucing

Kucing terlihat seperti hewan yang mandiri, akan tetapi hewan peliharaan tentu memerlukan perawatan yang baik, supaya hewan selalu sehat dan nampak menggemaskan

Memelihara kucing bisa dilakukan dengan menggunakan kandang dan juga bisa tanpa kandang.

Memelihara kucing tanpa kandang di anggap lebih baik sebab kucing lebih menyukai tempat yang bebas sehingga bisa leluasa bermain.

Selain itu bisa mencegah kucing stres berlebihan, walaupun kedua cara memelihara kucing ini membutuhkan perawatan yang hampir sama.

Namun perawatan kucing peliharaan memerlukan tambahan perhatian karena kucing biasanya suka di luar, sehingga perlu lebih memperhatikan kebersihan nya.

Cara Merawat kucing agar tetap sehat

Berikut ini cara merawat kucing tanpa kandang agar kucing peliharaan selalu sehat, ini bisa juga di coba bagi anda yang baru memelihara kucing.

  1. Sterilkan Kucing

Steril kucing ini dengan cara operasi kebiri, membantu kucing yang bersifat senang berkeliaran dan juga buang air kecil sembarangan.

Ini juga bisa melindungi kucing dari berbagai penyakit, seperti tumor dan juga kanker.

Untuk kucing betina jika di steril kan juga bisa menjadi cara mengurangi kelahiran kucing yang tidak diinginkan. Untuk melakukan nya anda perlu konsultasi pada dokter ahlinya terlebih dahulu.

  1. Sediakan Tempat Khusus

Walaupun kucing dipelihara tidak menggunakan kandang, tapi kucing juga butuh tempat khusus yang nyaman serta memiliki privasi untuk tempat kucing bersantai dan beristirahat.

Sediakan bantal atau selimut yang lembut di tempat khusus tersebut, dan perlu di cuci secara berkala agar tetap bersih dan tidak menimbulkan penyakit.

  1. Sediakan Tempat Kotoran

Kucing yang di pelihara bebas juga harus dijaga kebersihan nya setiap hari, karena kucing menyukai tempat buang air yang bersih.

Untuk mencegah penyakit kulit pada kucing. Sediakan kotak kotoran yang bersih agar kucing tidak buang kotoran di tempat lain secara sembarangan.

  1. Memandikan Kucing

Kucing juga butuh mandi menggunakan shampo untuk badan nya, ini biasa nya dilakukan seminggu sekali.

Tapi anda perlu berhati – hati dalam memandikan kucing, apalagi pada bagian sekitar mata.

  1. Menyisir Bulu Kucing

Kucing yang lebih sering berkeliaran harus dibersihkan secara rutin, untuk gigi sisir kucing yang berbulu panjang bisa dipilih yang tidak bergigi rapat.

Sedangkan untuk kucing berbulu pendek bisa dipilih yang bergigi rapat. Sedangkan untuk menyisir kucing yang masih kecil usahakan menggunakan sisir berukuran kecil dan lembut.

Menyisir bulu kucing ini temasuk penting karena untuk mengangkat bulu kucing yang sudah mati, membuang gumpalan bulu.

Dan bisa menghilangkan jamur pada kucing, serta menghindari terjadi nya benjolan pada kulit kucing sekaligus melancarkan aliran darah pada tubuh kucing.

Selain itu yang tidak kalah penting menyisir bulu kucing juga merupakan cara menghilangkan kutu kucing atau juga mencegah muncul nya telur kutu pada kucing yang bisa membahayakan hewan peliharaan anda ini.

  1. Bersihkan Gigi Kucing

Gigi kucing juga harus dibersihkan dengan teratur memakai sikat gigi yang lembut dan juga menggunakan pasta gigi khusus kucing.

Jangan menggunakan pasta gigi manusia sebab mengandung flourida yang bisa beracun untuk kucing.

Pertama biarkan kucing mencicipi pasta gigi tersebut agar terbiasa, setelah itu anda bisa mengoleskan pasta gigi tersebut pada gusi serta gigi memakai jari kemudian di sikat perlahan.

  1. Pelajari Jenis Makanan Kucing

Usahakan makanan kucing berkualitas dan spesifik sesuai jenis kucing peliharaan anda.

Ikuti petunjuk penggunaan makanan yang tertera pada label kemasan pakan, dimana takaran makanan kucing akan diukur berdasarkan berat badan, umur dan juga tingkat aktivitas nya.

  1. Beri Makan Kucing Secara Teratur

Pada umum nya kucing lebih suka makan dalam porsi sedikit namun sering, untuk mencegah kucing mencari makanan sampah, maka pastikan untuk memberikan makanan nya secara teratur setiap hari.

  1. Biarkan Kucing Bermain Dengan Makanan

Jika kucing bermain dengan makanan nya maka biarkan saja, supaya kucing anda tidak terlalu sering pergi keluar rumah dan tidak bosan.

Cara nya simpan makanan kucing pada sebuah wadah, lalu lubangi sisi wadah tersebut kemudian biarkan kucing bermain dengan wadah tersebut untuk mendapatkan makanannya.

Cara ini sangat baik untuk menjaga keaktifan kucing peliharaan dan bisa mengurangi  kucing mengalami stres.

  1. Berikan Minum Secukupnya

Jika memberikan kucing makanan kering, maka perlu menyediakan juga air minum bersih yang mudah di gunakan kucing.

  1. Berikan Vitamin

Selain perlengkapan untuk kebutuhan kenyamanan kucing, vitamin yang perlu diberikan kepada kucing, karena berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing.

  1. Ajak Kucing Bermain

Agar kucing aktif bergerak sambil olah raga, maka anda bisa mengajak kucing peliharaan untuk bermain.

Misalnya bermain memakai mainan seperti bulu, tikus mainan, bola kertas, alat pancing dan juga senter.

Bermain dengan kucing peliharaan anda juga hal yang sangat penting, supaya kucing bisa merasa diperhatikan sehingga tidak setres dan menjadi lebih akrab dengan pemilik nya.

  1. Kenalkan Dengan Hewan Peliharaan Lain

Biarkan kucing peliharaan anda bermain dengan kucing peliharaan lain, agar terbiasa dengan bau kucing yang baru.

Yakni dengan menyediakan kain tempat tidur kucing lainnya. Dan tentu memberikan makanan dengan wadah yang berbeda supaya bisa belajar saling menghubungkan bau kucing lainnya.

  1. Potong Kuku Dengan Teratur

Usahakan potong kuku kucing secara teratur, biasanya 2 kali dalam sebulan, untuk mencegah kucing merusak perabotan di sekitar rumah anda.

Dan juga tidak membahayakan jika ada yang mengajaknya bermain – main.

  1. Siapkan Tempat Mencakar

Alternatif lain untuk menjaga kuku kucing selain dengan memotong kuku adalah dengan menyiapkan tempat atau alat untuk mencakar atau scratching agar kukunya bisa tetap tumpul dan tidak menyakiti manusia atau merusak perabotan.

  1. Perhatikan Gejala Penyakit Kucing

Apabila kucing peliharaan anda sakit yang merupakan penyebab kucing anda tidak mau makan, maka segera bawa ke dokter hewan, sebelum terjadi hal yang tidak di inginkan dari kucing peliharaan anda.

Ada beberapa gejala kucing sakit yang biasanya terjadi seperti :

  • Mata : Kucing sakit akan mengeluarkan cairan, mata berwarna merah, juling, katarak dan sering menggaruk.
  • Telinga : Telinga kucing sakit akan menimbulkan gatal, keluar cairan dan bau tidak sedap.
  • Pernafasan : Gangguan pernafasan kucing akan terlihat dari kucing sering bersin disertai cairan, batuk terus menerus dan sulit bernafas.
  • Kulit : Terdapat benjolan, gumpalan, pembengkakan, luka, gatal berlebihan dan kulit yang berubah menjadi kuning.
  1. Lakukan Spaying dan Vaksinasi

Memberikan Vaksinasi pada kucing sangat penting, untuk mencegah penyakit leukemia, rabies dan juga FIV.

Untuk mengetahui jenis vaksin apa saja yang dibutuhkan, maka anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan pliharaan anda.

  1. Lakukan Pemeriksaan Tahunan

Kucing yang dipelihara tanpa kandang terlebih kucing anggora harus perlu pemeriksaan tahunan ke dokter spesialis kucing.

Karena lebih sering berkeliaran keluar rumah. Pemeriksaan ini sangat disarankan untuk mendeteksi apabila ada penyakit pada kucing peliharaan atau untuk mengantisipasi timbulnya penyakit pada kucing.

  1. Tutup Rapat Tempat Sampah

Kucing yang dipelihara tidak dalam kandang akan lebih sering menjelajahi seluruh isi rumah.

Oleh karena itu pastikan semua tempat sampah tertutup dengan rapat supaya kucing tidak makan sampah sembarangan, dan untuk menjaga kebersihan kucing kesayangan anda.

Itulah cara merawat kucing, terbilang mudah kan. Hal yang harus anda perhatikan adalah memastikan kuku kucing tetap pendek.

Supaya aman dan pastikan memberi makanan dengan teratur serta vaksin untuk mencegah kucing peliharaan terkena penyakit.

Demikian informasi yang membahas tentang cara merawat kucing dari Kandang Kebun, yang bisa anda praktekan di rumah. Semoga bermanfaat untuk anda, Terima Kasih.

Add Comment