Cara Merawat Kelinci

Kelinci merupakan hewan yang di anggap lucu untuk di pelihara, yang banyak digemari orang karena relatif jinak, dan juga dapat dipelihara dengan fleksibel di mana saja.

Memelihara kelinci bisa di lakukan di dalam rumah, namun cara merawat kelinci di dalam rumah tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Ada hal – hal yang perlu anda lakukan untuk memastikan bahwa kelinci yang anda miliki untuk di pelihara tersebut bisa dipelihara di rumah dengan baik.

Salah satu nya adalah mengetahui mengenai bagaimana cara merawat kelinci agar tetap sehat dan menggemaskan.

Memelihara kelinci di rumah sebenar nya tidak sulit jika anda mengetahui cara merawat nya dengan benar, walaupun anda baru pertama kali memelihara kelinci.

Cara merawat Kelinci

Untuk mengetahui bagaimana cara memelihara kelinci di rumah, kali ini Kandang Kebun akan membahas nya untuk anda.

  1. Menyediakan Tempat Tinggal Kelinci

Sediakan kandang untuk tempat tinggal yang cocok untuk memelihara kelinci anda, sesuaikan ukuran kandang dengan usia dan jumlah kelinci yang di pelihara.

Biasanya ukuran kandang nya sekitar 1 × 0,6 × 0,6 meter per satu kelinci.

Kandang kelinci yang bagus dan baik bisa menjadikan kelinci tumbuh dengan optimal, karena kelinci anda bisa beristirahat, selain itu juga menyediakan tempat yang baik untuk bermain atau yang lain nya.

Usahakan tidak membuat kandang dari kawat atau bahan lain nya yang tidak baik untuk kesehatan kelinci anda, karena bisa mengganggu aktivitas kelinci selama berada di dalam kandang.

Sediakan juga alas pada kandang, bisa menggunakan bahan alami seperti jerami atau lembaran kayu tertentu, misal nya dari lembaran kayu pinus.

Dan sediakan alas tidur yang terbuat dari bahan bubur kayu daur ulang yang memang dibuat untuk alas kandang kelinci peliharaan.

Ini bertujuan supaya kelinci peliharaan di kandang bisa tinggal dengan nyaman.

  1. Menyediakan Kotak Kotoran

Kotak kotoran termasuk  hal yang penting untuk anda sediakan saat memelihara kelinci.

Tersedia nya  kotak kotoran maka kelinci peliharaan dapat membuang kotoran nya dengan baik sehingga kotoran kelinci akan terlokalisir dengan baik.

Pada kotak kotoran bisa meletakkan beberapa lembar koran atau kertas yang tidak terpakai dan mengisi nya dengan jerami agar mudah dibersihkan dan nyaman untuk digunakan oleh kelinci.

Penyediaan kotak kotoran ini juga bertujuan untuk mencegah kelinci peliharaan anda terserang penyakit yang bisa timbul dari kotoran nya sendiri.

  1. Menyediakan Tempat Persembunyian

Tempat persembunyian kelinci akan membantu kelinci peliharaan anda untuk bersembunyi dari berbagai hewan lain, khusus nya yang ia anggap sebagai hewan pemangsa dirinya.

Oleh karena itu sebaik nya tempat persembunyian tersebut terbuat dari bahan yang kuat, nyaman untuk kelinci anda.

Bahan yang bisa anda pakai untuk membuat tempat persembunyian bagi kelinci adalah kardus, plastik, atau bahan lain yang mudah di temukan dan di rangkai dari berbagai bahan di lingkungan sekitar.

Usahakan untuk memberikan ruang yang cukup di dalam tempat persembunyian tersebut, supaya bisa bergerak dengan leluasa dan tidak merasa stres selama bersembunyi.

  1. Membuatkan Mainan

Kelinci bisa anda buat kan mainan khusus yang digunakan hewan peliharaan anda ini untuk bermain,.

Salah satu jenis bahan yang baik digunakan sebagai mainan untuk kelinci adalah kardus karena kelinci bisa menggigit – gigit kardus tanpa perlu melukai tubuh nya dengan parah

Jika bahan lain mungkin bisa melukai mulut atau gigi kelinci peliharaan anda.

  1. Memberikan Makanan yang Tepat

Kelinci membutuhkan makanan yang baik agar pertumbuhan nya optimal, biasa nya kelinci di beri makanan rumput jerami yang ideal untuk kelinci yang sedang tumbuh berkembang.

Berikan jenis makanan yang lain untuk melengkapi pemenuhan asupan nutrisi kelinci yang anda pelihara, seperti wortel dan beberapa sayuran lainnya.

Karena sayuran mengandung banyak vitamin. Selain sayuran juga ada beberapa buah buahan yang baik untuk kelinci.

Hindari memberi makanan yang tidak sehat untuk kelinci, karena bisa mengganggu kesehatan tubuh kelinci, misalnya mengganggu sistem pencernaan dan sistem imun pada kelinci.

Sayuran yang tidak baik untuk makanan kelinci adalah jagung, selada, tomat, kubis, kacang polong, kentang, bawang dan  bambu serta biji – bijian.

  1. Menyediakan Air yang Cukup

Cara merawat Kelinci

Anda bisa memberikan air bersih untuk minum dengan menggunakan tempat atau  wadah, kemudian menaruh nya di dalam kandang.

Jangan lupa untuk selalu mengganti air minum nya secara berkala, agar kelinci terhindar dari penyakit yang disebabkan karena bakteri yang ada di dalam air minum atau dari air yang sudah kotor karena terkena berbagai macam hal.

  1. Memberi Vitamin

Agar kelinci peliharaan anda selalu sehat perlu di berikan vitamin, ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang di perlukan pada kelinci peliharaan anda.

  1. Memandikan Kelinci

Untuk menginginkan hewan peliharaan yang indah dan bersih memang perlu memandikan nya.

Akan tetapi usahakan jangan terlalu sering memandikan kelinci yang anda pelihara, karena bisa membahayakan nya.

  1. Menyikat Bulu Kelinci

Anda perlu menyikat atau menyisir bulu kelinci agar bulu pada kelinci yang rontok tidak terus menempel dan menggumpal pada bulu yang tidak rontok, sehingga tidak merusak bulu kelinci peliharaan anda.

  1. Potong Kuku Kelinci

Setiap 1 sampai 2 bulan sekali kuku kelinci perlu di potong agar tidak membahayakan pemilik kelinci saat ingin bermain – main dengan kelinci tersebut atau pun bisa membahayakan kelinci nya sendiri.

  1. Hati – Hati Saat Menggendong atau Memegang

Kelinci termasuk hewan yang sensitif, oleh sebab itu anda perlu berhati – hati ketika ketika sedang menggendong atau memegang nya.

Tubuh kelinci termasuk rentan dan harus diperlakukan dengan baik, sehingga perlu di jaga agar tidak melukai tubuh kelinci saat memegang nya.

Cara menggendong atau memegang kelinci adalah meletakkan tangan di bagian belakang dan depan tubuh kelinci kemudian menggendong seperti bayi.

Jangan mengangkat atau menggendong kelinci dengan menarik telinganya, karena telinga kelinci terdapat banyak saraf sehingga jika anda menarik nya dengan keras bisa membahayakan kelinci anda.

  1. Menyediakan Teman Bermain

Kelinci merupakan hewan yang suka bermain, maka tentu anda perlu menyiapkan alat dan waktu bermain yang tepat agar kelinci bisa bermain dengan bebas dan leluasa serta tidak mengalami stres.

  1. Memberikan Waktu di Luar Kandang

Anda bisa memberikan waktu pada kelinci peliharaan di luar kandang selama beberapa jam, agar kelinci bisa bebas ber aktivitas untuk melompat dan berlari – lari agar kesehatan nya terjaga.

Tentu nya dengan mengawasi ke mana saja kelinci pergi agar tidak terancam apabila terdapat predator yang membahayakan kelinci anda.

  1. Menjaga suhu kandang tetap optimal

Usahakan agar suhu udara pada sekitar kandang kelinci tetap terjaga dengan baik dan temperatur pada kandang kelinci ideal untuk pertumbuhan.

Salah satu cara menjaga suhu udara cara nya adalah dengan mengatur sirkulasi udara yang baik, dan memperhatikan berbagai unsur lain nya agar suhu pada kandang bisa optimal.

  1. Rutin Membersihkan Kandang

Membersihkan kandang kelinci secara rutin merupakan hal yang harus dilakukan, dengan cara membersihkan kandang dari kotoran yang ada di sekitar nya.

Anda harus menjaga tempat tinggal kelinci agar tetap baik dan bersih sehingga layak menjadi tempat yang tepat untuk pertumbuhan kelinci yang anda pelihara, sehingga selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

  1. Memeriksakan Kelinci ke Dokter

Apabila terjadi gejala – gejala sakit tertentu pada kelinci kesayangan anda maka segera memberikan obat setelah memeriksakan nya ke dokter, supaya tidak terjadi hal yang tidak anda ingin kan pada hewan kelinci peliharaan anda.

Beberapa hal tersebut sebenar nya hampir sama dengan cara merawat kucing yang sudah di lakukan banyak orang. Terima kasih.

Add Comment