6 Cara Menanam Cabe Agar Cepat Berbuah

Menjadi bahan utama pembuatan sambal menjadikan Cabe sebagai bahan makanan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Tentu sebagian besar dari Anda sangat gemar dan sangat menyukai menu makanan yang memiliki cita rasa pedas. Nah tentunya Cabe merupakan andalan bahan makanan utama jika anda ingin menyantap makanan yang memiliki cita rasa pedas tersebut.

Harga cabe yang terkadang tidak menentu jika anda harus membeli cabe di pasar ini, kadangkala hargnya bisa mahal dan cenderung tinggi, apalagi jika masuk momen lebaran ataupun hari raya, harga cabe di pasaran cenderung naik secara drastis. Bahkan di beberapa waktu terakhir harga cabe per kilo nya bisa mengalahkan harga daging sapi.

Nah untuk menyiasati hal tersebut, kami mengajak anda untuk menanam cabe sendiri di rumah. Cara menanam cabe sendiri dirumah juga sangat sederhana dan tentu saja sangat mudah dilakukan, di bawah ini Kandang Kebun telah merangkum tips cara menanam cabe dirumah agar cepat berbuah dan menghasilkan.

Cara Menanam Cabe

  • Cara Menanam Cabe Hidroponik
  • Cara Menanam Cabe Di Polybag
  • Cara Menanam Cabe Di sawah

 

Cara Menanam Cabe Agar Cepat Berbuah

Cara menanam cabe

Menentukan lokasi

Untuk penentuan lokasi, sebenarnya jika anda hendak menanam cabe untuk kebutuhan sendiri di dapur. Kita tidak perlu terlalu pusing karena di dataran rendah saja cabe sudah dapat hidup dengan sangat baik.

Nah agar lebih lengkap di bawah ini syarat menentukan lokasi cabe paling gampang.

  • Lokasi tanah tidak bercampur dengan batu besar karena akan menghalangi air meresap ke tanah.
  • Lokasi menanam cabe wajib terkena sinar matahari secara langsung.
  • Pastikan Lokasi tanah bisa menyerap Air agar pohon cabe dapat tumbuh dengan baik.

Memilih Bibit cabe

Untuk opsi ini tergantung dari selera cabe mana yang anda sukai. Anda bisa membeli cabe setan yang terkenal sangat pedas jika Anda memang sangat menyukai makanan yang memiliki cita rasa pedas ini.

Sebaliknya jika anda suka dengan cabe yang biasa anda bisa menanam cabe rawit atau cabe merah. Anda tinggal membeli atau mengupas cabe kemudian ambil isi nya lalu diamkan di bawah sinar matahari sampai mengering jika sudah tanam di bawah tanah.

Cara penyemaian cabe

Siapkan 5 sampai 10 lembar polybag berukuran kecil atau sedang. Siapkan juga pupuk organik dan tanah yang kaya akan unsur hara.

Nah agar lebih detail di bawah ini anda bisa mencontoh nya.

  • Masukkan Pupuk Organik dan Tanah ke dalam Polybag dengan perbandingan 1:3
  • Masukkan Bibit cabe yang sudah di rendam air Minimal 4 Jam
  • Jangan Lupa siram setiap hari agar Bibit dapat tumbuh dengan Baik
  • Jika sudah ada tanda – tanda tumbuh, taruh di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Cara Menanam Cabe Rawit

Jika di tempat kita ada lahan bekas membakar sampah, lebih baik pilih tempat itu saja, karena di sana terdapat banyak unsur hara. Nah agar lebih rinci, simak penjelasan di bawah ini.

  • Pilih lahan yang kaya akan unsur hara.
  • Kemudian cangkul dengan kedalaman 20 – 30 cm.
  • Jangan lupa letakkan pupuk organik 3-4 hari terlebih dahulu
  • Jika sudah letakkan Bibit cabe yang sudah tumbuh di bibit Polybag sebelum nya.
  • Siram Air secukup nya.
  • Lalu timbun tanah, dan beri pupuk di atas tanah, kemudian siram air lagi.

Cara merawat Pohon cabe

Karena masa usia pohon cabe cukup lama, anda wajib menjaga dan merawat nya agar pohon bisa tumbuh dan berbuah dengan maksimal. Umur pohon cabe sendiri antara 3 – 6 Bulan, tergantung cara kita merawat nya.

Hal utama yang perlu di perhatikan dalam merawat pohon cabe adalah kita harus menyiram air secara teratur, minimal kita harus menyiram air di musim kemarau adalah 3 kali sehari.

Masa Panen

Waktu yang di butuhkan untuk memanen cabe berkisar sekitar 2-3 bulan. Anda juga harus tahu cara memanen cabe agar pohon nya bisa berbuah kembali. Yaitu dengan memotong ujung tangkai cabe.

Pastikan anda memotong cabe yang sudah terlihat tua atau siap panen. Nah itulah pembahasan kami mengenai cara menanam cabe dengan cara yang sederhana akan tetapi membuahkan hasil yang maksimal.

Semoga artikel ini dapat membantu bagi Anda yang berniat menanam cabe sendiri di rumah. Dengan cara yang sudah saya tulis di atas, kita bisa menanam cabe di area pekarangan rumah yang kosong.

Baca Juga Artikel Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.